Senin, 12 Oktober 2020

π™‹π™€π™‰π™π™„π™‰π™‚π™†π˜Όπ™ƒ π™π™€π™Žπ™ π™Žπ™π™‚π™€π™Žπ™π™„π™‘π™„π™π˜Όπ™Ž π˜Ώπ˜Όπ™‡π˜Όπ™ˆ π™ƒπ™”π™‹π™‰π™Šπ™Žπ™„π™Ž ?

 π™‹π™€π™‰π™π™„π™‰π™‚π™†π˜Όπ™ƒ π™π™€π™Žπ™ π™Žπ™π™‚π™€π™Žπ™π™„π™‘π™„π™π˜Όπ™Ž π˜Ώπ˜Όπ™‡π˜Όπ™ˆ π™ƒπ™”π™‹π™‰π™Šπ™Žπ™„π™Ž ?


Beberapa praktisi hypnosis ada yang gegabah mengatakan tidak perlu melakukan test sugestivitas, mereka cenderung percaya diri untuk melakukan hipnotis tanpa test sugestivitas. 


Memang sich ada yang berhasil, tetapi banyak juga yang gagal. 


Ada praktisi yang mempelajari hipnotis secara otodidak tidak mengetahui pentingnya melakukan test sugestivitas dan manfaat dari test tersebut.


Dalam Stage Hypnosis / Hipnotis Panggung akan menggunakan test-test sugestivitas ini untuk mencari subjek dengan tingkat sugestivitas terbaik. Dan test sugestivitas ini dapat dilakukan sebelum acara atau ketika acara berlangsung, ahli hipnotis sangat piawai membawakan test-test ini tanpa disadari oleh penonton.


Sedangkan dalam Hipnoterapi, test digunakan bukan hanya untuk mengenali tingkat sugestivitas klien tetapi juga menjadi bahan untuk hipnoterapis menentukan induksi yang tepat untuk klien. Dan test sugestivitas digunakan oleh hipnoterapis untuk melakukan hipnotic training bagi klien yang moderat atau sulit.


Hypnotic Training bermaksud agar klien dapat dilatih untuk memasuki kondisi hypnosis / trance. Dengan Hypnotic Training yang baik, tingkat sugestivitas klien dapat berubah dari sulit menjadi moderat, dan moderat menjadi baik.


Satu hal lain yang terpenting dalam test sugestivitas adalah untuk membangun “conectedness” dengan pikiran bawah sadar klien. 


Dengan mengetahui jika sugesti dapat diterima dengan baik oleh klien, maka menandakan bahwa pikiran bawah sadar klien (sub-conscious Mind) sudah menerima atau terhubung dengan hipnoterapis.


Perlu dipahami test sugestivitas terdapat 2 jenis test, yaitu motorik /fisik dan kognitif /cara pikir. Jika hasil test menunjukan klien / subjek lebih cenderung motorik maka proses induksinya akan lebih mudah menggunakan sugesti-sugesti fisik. Sedangkan jika klien lebih cenderung berhasil pada test kognitif, maka script sugestinya akan menggunakan yang bersifat menggunakan pola pikir, imaginasi, dsb.


Sekarang, Anda sudah paham bukan, mengapa melakukan test sugestivitas itu penting sebelum melakukan hipnotis/ hipnoterapi.


Wallaahu A'lam.


𝙙𝙧. 𝙍𝙖𝙒𝙖𝙙𝙝𝙖𝙣π™ͺ𝙨, π˜Ύπ™ƒπ™©., π˜Ύπ™„.

π·π‘–π‘˜π‘’π‘‘π‘–π‘ π‘‘π‘Žπ‘Ÿπ‘– π‘π‘’π‘Ÿπ‘π‘Žπ‘”π‘Žπ‘– π‘ π‘’π‘šπ‘π‘’π‘Ÿ.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar