Senin, 19 Oktober 2020

FRAME (kerangka berpikir).






NLP memang benar-benar ilmu yang luar biasa dan perlu untuk dipelajari sebagai bekal untuk menjalani hidup dan kebermanfaatannya kepada orang lain. Terbukti dengan melihat antusiasme para peserta  dalam mengikuti setiap materi yang disampaikan oleh Master Trainer NLP Hari Dewanto, dengan ciri khas beliau Nyentrik, Lucu, Profesional (NLPers Banget!) suasana kelas terasa menyenangkan, ditambah lagi dengan materi luar biasa tersebut disampaikan dengan metode-metode yang mudah dipahami.

Meskipun pembelajaran via daring tak mengurangi keseruan kami dalam belajar sampai tak terasa pertemuan selama 5 hari harus diakhiri tadi malem tepatnya tanggal 18 Oktober 2020.

Dengan materi terakhir membahas tentang framing. Dalam dunia NLP (Neuro Linguistic Programming) kita mengenal yang namanya FRAME (kerangka berpikir).



Frame disini merupakan sikap atau cara pandang kita dalam merespon dunia eksternal (External Reality) berdasarkan peta internal (Internal Reality) sesuai dengan sistem keyakinan yang kita miliki. Sedangkan framing, merupakan pemberian makna kepada orang lain sehingga orang tersebut mengikuti makna-makna kita.


Berikut beberapa framing yang bisa digunakan untuk menframing orang lain:

· Agreement frame, yaitu cara kita membingkai pesan dengan cara sebelumnya menggiring kondisi pikirang orang lain atau kawan bicara kita untuk menyetujui sesuatu yang telah diketahui dan disepakati bersama sebelumnya.

· Outcome Frame, merupakan Frame yang berorientasi pada outcome atau tujuan. Jadi Outcome frame merupakan cara kita mengemas kalimat atau pesan sedemikian rupa agar kawan bicara lebih fokus kepada hasil yang kita inginkan.

· Evidence Frame , frame yang berorientasi pada fakta yang secara nyata dapat dibuktikan. Teknik ini digunakan untuk menemukan sebuah bukti nyata yang membuat seseorang mencapai goalnya atau justru sebaliknya.

· Contrast Frame adalah cara kita mengemas kalimat dengan membawa ide atau gagasan ke dalam bentuk perbandingan keuntungan dan kerugian agar orang lain bisa lebih memahami dan fokus pada ide atau gagasan kita.

· As if Frame, merupakan cara kita yang ditujukan kepada kawan bicara dengan menggunakan sebuah pengandaian. Hal ini merupakan cara kita melakukan persuasi orang lain dengan mengajaknya untuk membayangkan atau mengalaminya secara langsung.

· Ecology Frame merupakan Frame yang mengacu pada pertimbangan ekologis terhadap diri sendiri maupun lingkungan.

· Backtrack Frame Teknik untuk mengulang atau meringkas kata-kata seseorang.

#Belajar

#kampoongnlp

#thecafetherapy



Tidak ada komentar:

Posting Komentar