Sabtu, 16 Januari 2021

Jalan pintas untuk menguasai 'kekuatan pikiran'





 Banyak dari kita punya cara sendiri untuk mengatasi perasaan dan emosi. 

Misalnya ketika merasa tertekan, kita mungkin menenangkan diri dengan memusatkan perhatian pada pernapasan. Jika sedang sakit gigi, kita mungkin berusaha mengurangi rasa sakitnya melalui teknik meditasi. 

Dan saat merasa sedih, kita menghibur diri dengan membayangkan sedang berada di 'tempat bahagia' kita. Mereka yang pernah mencoba strategi serupa tahu kalau itu ampuh, tapi dengan tingkat kesuksesan yang bervariasi.

Sekarang bayangkan jika Anda dapat melihat apa yang terjadi di dalam otak ketika Anda merasakan emosi dan sensasi seperti rasa sakit, kegelisahan, depresi, takut, dan kesenangan - semuanya secara langsung atau real-time. Tiba-tiba, penyebab perasaan Anda bukan lagi misteri, dan keampuhan teknik mental yang Anda gunakan dalam kehidupan sehari-hari pun menjadi jelas.

Itulah ide di balik teknik baru yang dikenal sebagai "real-time fMRI". Dengan menerima umpan-balik visual yang spesifik tentang aktivitas otak sambil menjalankan trik dan strategi mental, kita dapat belajar untuk secara sadar mengontrol emosi, sensasi, dan mengidam, seakan perasaan-perasaan dimanipulasi dengan kenop volume di radio. 

Dengan latihan, Anda dapat belajar untuk memperkuat kendali atas pikiran sebagaimana seorang atlet angkat beban melatih kelompok otot yang spesifik - dan ini memunculkan kemungkinan masa depan ketika manusia dapat melatih kemampuan mental yang jauh lebih maju daripada kemampuan kita sekarang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar