Sabtu, 30 Januari 2021

Keutamaan Mendoakan Orang Lain



Sungguh Dahsyat, Inilah Keutamaan Mendoakan Orang Lain

Rasulullah shalallahu alaihi wasallam bersabda bahwa ketika seseorang mendoakan orang lain secara diam-diam, maka malaikat akan mendoakan dirinya seperti apa yang dimintakan terhadap orang itu.

“Tidak ada seorang muslim pun yang mendoakan kebaikan bagi saudaranya (sesama muslim) tanpa sepengetahuannya, melainkan malaikat akan berkata, “Dan bagimu juga kebaikan yang sama.” (HR. Muslim no. 4912).

Allah Ta’ala berfirman tentang Nabi Nuh alaihishshalatu wassalam bahwa beliau berdoa:

رَبِّ اغْفِرْ لِي وَلِوَالِدَيَّ وَلِمَن دَخَلَ بَيْتِيَ مُؤْمِنًا وَلِلْمُؤْمِنِينَ وَالْمُؤْمِنَاتِ

Artinya: “Wahai Rabbku! Ampunilah aku, ibu-bapakku, orang yang masuk ke dalam rumahku dalam keadaan beriman, dan semua orang yang beriman laki-laki dan perempuan.” (Q.S Nuh : 28).

Pendakwah kondang KH Yahya Zainul Ma'arif atau Buya Yahya mengatakan melalui kanal Youtube Al-Bahjah TV, “Maka kata ulama-ulama, doa yang sangat mudah dikabul itu adalah doa untuk orang-orang yang tidak ada dihadapan anda, atau anda mendoakan untuk orang yang kurang ajar sama anda. Malah malaikat mendoakan anda dapat duluan.”

Dari Anas bin Malik, Nabi Muhammad salallahu alaihi wasallam bersabda “Tidak beriman salah seorang di antara kalian sampai dia mencintai untuk saudaranya apa yang dia cintai untuk dirinya sendiri.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim).

Islam sangat menjunjung kasih sayang terhadap sesama muslim. Allah Ta’ala sampai mengutus malaikat yang khusus bertugas untuk mengaminkan setiap doa seorang untuk saudaranya, dan sebagai balasannya malaikat tersebut diperintahkan oleh Allah untuk mendoakan orang yang berdoa tersebut.

Namun doa tersebut akan mustajab jika orang yang kita doakan tidak mengetahui bahwa dirinya didoakan, sebab mendoakannya secara diam-diam maka akan lebih menjaga keikhlasan doa tersebut. Namun tetap saja orang yang berdoa untuk orang lain meski dia mengetahui bahwa dirinya didoakan akan mendapatkan keutamaan karena telah mendoakan orang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar