Minggu, 03 Januari 2021

Mesmerisme dan Kopi dg Rasa

 



Mesmerisme  merupakan paham atau teknik komunikasi dan terapi yang diperkenalkan oleh Franz Anton Mesmer, seorang dokter asal Wina, dan lebih dikenal lagi ketika di berada di Paris, Prancis. 

Mesmer menamakan tekniknya adalah Animal Magnetisme. 

Yakni sebuah tekni terapi dengan menginduksi pasien dengan daya megnetis, melalui teknik ini pasien akan mengalami trance dan mengalami penyembuhan setelah trance tadi. 

Teknik mesmer ini menimbulkan kontroversi di kalangan pemerintahan dan gereja di Prancis, bahkan Mesmer diminta untuk menghentikan praktik penyembuhannya setelah ada rekomendasi sebuah komisi yang dibentuk untuk menilai apakah metode Mesmer dengan Animal Magnetisme nya bisa dibuktikan secara ilmiah sebagai sebuah ilmu dan teknik yang bisa dipertanggungjawabkan. 

Mesmer meyakini bahwa di dalam tubuh manusia ada aliran magnetik fluida yang merupakan aliran energi untuk membuat manusia tetap hidup dan menjaga kesehatanya. 

Orang yang mengalami sakit atau gangguan kesehatan menurut Mesmer, akibat adanya gangguan dalam aliran magnetis tadi, sehingga untuk menyembuhkannya bisa dilakukan dengan menginduksi daya magnetis teknik Mesmerisme ini merupakan cikal bakan hipnosis atau hipnotis modern, sehingga Mesmer juga dikenal sebagai bapa hipnosis (English, Hypnosis). Adalah James Braid yang memperkenalkan istilah hipnosis, yang berasal dari bahasa Yunani Hipnos yang artinya dewa tidur dan mimpi. 

Braid mengungkapkan bahwa fenomena magnetisme terjadi akibat sugesti yang diterima subjek sehingga mengalami trance, sejak saat itulah hipnosis berkembang terpisah dari mesmerisme, yang mengalami penurunan popularitas semenjak itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar