Selasa, 02 Februari 2021

MENGATASI KECEMASAN*


 *SCRIPT HIPNOTERAPI SEDERHANA MENGATASI KECEMASAN*


Baik, sekarang Anda silakan ambil moment untuk hadir pada diri Anda sendiri, dan siapkan diri Anda untuk menerima sugesti yang saya berikan, sugesti ini nantinya yang menjadi strategi untuk membuat diri Anda menjadi tenang dan mengontrol diri dalam keadaan dan situasi apapun, dimana pun dan kapan pun. ( *Pre Hypnotic Suggestion - Framing - Conditioning*) 


Jika Anda siap, silakan rebahkan diri Anda di tempat yang anggap nyaman. ( *Agreement*) 


Sekarang luangkan waktu ini untuk mengistirahatkan setiap otot di tubuh Anda.


Mulailah dengan kepala Anda. 

Pejamkan mata Anda. 

leher dan pundak Anda menjadi lemas. 

Bahu dan tangan Anda juga Rileks. Bagus sekali! ( *Progresif Relaxation* ) 


Sekarang saat tubuh Anda menikmati rileksasi ini, saya akan menghitung dari 1 sampai 10, dan setiap hitungan Anda menyadari setiap nafas yang keluar masuk dari hidung Anda, dan setiap hitungan membawa Anda masuk ke kondisi yang lebih rileks, damai dan nyaman. Bagus Sekali. ( *Mindfulnes* ) 


Sekarang  dipikaran dan imajinasi Anda, bayangkan tempat yang Anda anggap membuat bahagia... Ya, bagus sekali. 

Bisa di mana saja atau yang penting membuat Anda merasakan rileks, bayangkan tempat itu nyata dipikiran Anda, rasakan sejuknya udara ditempat itu membawakan kenyamanan ke hati Anda... bagus sekalisekali! ( *Imajinasi dan visualisasi* ) 


Sekarang dengar dan izinkan diri saya memberi sugesti memberdayakan agar Anda siap menghadapi keadaan apapun dengan tenang. ( *Permission* ) 


Jika Anda siap dan mengerti boleh angguk kepala atau jentikan jari telunjuk Anda. 


Baik, bagus sekali, tetap nikmati rasa ini dengan rileks, dan biarkan pikiran Anda terbuka untuk menerima nilai positif dari apa yang saya katakan... baik, bagus sekali. ( *Appreciation* ) 


Sekarang seperti kita ketahui, perubahan dalam banyak situasi bisa membuat kita belum siap membuat respon yang baik, oleh karena itu rasa nyaman dan tenang perlu diciptakan ketika Anda menghadapi situasi yang membuat diri Anda memilih untuk cemas. Hal ini diperlukan karena sejatinya Anda punya banyak cara untuk menenangkan hal tersebut, oleh karena itu mulai sekarang dan seterusnya setiap kali Anda mengalami perasaan tidak nyaman karena objek atau ingatan pada peristiwa tertentu, Anda menarik nafas untuk mengakses kondisi ketenangan, dan menggepalkan tangan untuk membuat diri Anda menjadi nyaman... sekarang tarik nafas ketenangan Anda, dan kepalkan tangan Anda sebagai pengingat rasa tenang ini.... ya, bagus sekali! ( *Suggestion and Anchoring* ) 


Sekarang dan seterusnya kapan pun dan dimanapun, dengan siapapun dan oleh siapapun, lalu keadaan cemas itu muncul, segera menarik nafas dan kepalkan tangan Anda, agar diri Anda bisa mengontrol diri untuk lebih tenang... ya, bagus sekali! ( *Suggestion Reinforcement* ) 


Jika Anda paham dan setuju, silakan jentikan telunjuk tangan kanan Anda.... ya, bagus sekali! ( *Confirmation* ) 


Baik, dalam hitungan ke sepuluh Anda bangun dan menjadi lebih segar dan bugar... segar dan bugar.... 1..2..3...4...5....6...7...8....9....10....buka mata Anda. ( *Termination* )


Sekarang rasakan diri Anda yang memilki strategi baru yang membuat diri menjadi lebih tenang dan piawai mengontrol diri dalam kondisi dan keadaan apapun dengan menarik nafas dan mengepalkan tangan. ( *Post Hypnotic Suggestion* ) 


*Catatan :*

1. Sesuaikan dengan gaya bicara dan bahasa Anda. 

2. Berlatihlah dengan membuat rekaman Audio Anda sendiri. 

3. Gunakan musik relaksasi instrumental sebagai pelengkap. 

4. Share Audio Anda kepada yang membutuhkan. 

5. Uji coba hasil pembuatan jangkar dan sugesti jika Anda menerapkan pada klien, minta dia membayangkan situasi cemas, lalu gunakan jangkar sugesti yang sudah dibuat. 


Selamat Berlatih dan semoga bermanfaat. 


Salam hipnosis dan salam pembelajar. 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar