Rabu, 07 Juli 2021

GAK BISA ATAU GAK MAU DI HIPNOTIS ITU HAL YANG BERBEDA






*GAK BISA ATAU GAK MAU DI HIPNOTIS ITU HAL YANG BERBEDA.*


Saya sering mendapat pertanyaan dari alumni IHC tentang klien yang ga bisa di hipnotis.

Pasti saya tanya dulu ke teman itu, _“GA BISA dihipnotis atau GA MAU dihipnotis pasiennya?”._ Teman itu jawab, _"Maksudnya pak Avifi gak bisa atau gak mau gimana?”._


*Syarat untuk orang bisa di hipnotis adalah pasien BERSEDIA.*


Bersedia disini artinya bukan hanya lisannya aja yang ngomong bersedia, tapi pikirannya juga harus bersedia (apalagi untuk penyembuhan permanen pasien, *syarat ini adalah mutlak*).


Menguji kesediaan pasien adalah sebuah keharusan (uji sugestibilitas).


Sering saya uji pasien tentang keinginan sembuhnya (misalkan kasus stop smoking) yaitu dengan saya tanya, _“Bapak, tolong rilekskan/lemaskan tangannya ya? Ga usah dibantu angkat. Diijinkan  ya pak?”_. 

Pasien jawab, _“baik pak saya ijinkan”._ Kemudian saya tes angkat dan jatuhkan tangannya, setelah 2-3 kali baru saya tes dengan _pura-pura mau saya angkat tangannya_ padahal cuma saya pegang aja tangannya, dia sudah angkat tangannya duluan.


Saat dia angkat tangannya duluan saya selipkan bahasa hypnotic, _“Lho kan, bapak beda nie di lisan sama pikirannya… kan baru saya pegang tangan bapak sudah angkat duluan… tadi katanya di-ijinkan… ayo coba lebih pasrah lagi ya pak?”_ setelah itu pasien pasti lebih *“pasrah”.*


Saat pasrah itulah sebenarnya pasien sudah _“light trance”,_ tinggal kita tambah relaksasinya dengan deepening pasti masuk deep trance.


Hypnosis pada dasarnya adalah *SELF HYPNOSIS.* Terjadi jika pasien yang menginginkan. Kalau pasien tidak ingin artinya terapistnya maksa he..he.. 


*Pasien benar-benar ingin jika kita tepat saat PRETALK.*


Silahkan mencoba, semoga bermanfaat🙏

Tidak ada komentar:

Posting Komentar