Minggu, 22 Agustus 2021

AWALI DENGAN BISMILLAH (MENYEBUT NAMA ALLAH)

 


Membaca bismillah memang diperintahkan oleh Nabi Muhammad SAW ketika kita hendak memulai aktivitas yang baik. Sabda Nabi, "Segala sesuatu (aktivitas yang baik) yang tidak dimulai dengan bismillah, akan terputus (nilai keberkahannya)". (HR Al-Bukhari dan Muslim).

Rasulullah pernah bersabda, “Barang siapa mengucapkan bismillaahir rahmaanir rahiim dan laa haula walaquwwata illaa billaahil aliyyil azhiim maka Allah akan melepaskan dia dari 70 pintu bala dan kesukaran, dukacita dan kesakitan.”


Menyempurnakan Barakah

Seperti diriwayatkan dalam sebuah hadis, Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda:

كُلُّ أَمْرٍ ذِيْ بَالٍ لاَ يُبْدَأُ فِيْهِ بِبِسْمِ اللَّهِ (وفي رواية بِذِكْرِاللّهفَهُوَ أَ قْطَع (وفي رواية فَهُوَ أبتر)

Artinya: Setiap perkara penting yang tidak dimulai dengan bismillah (dalam riwayat lain : dengan mengingat Allah) maka amalan tersebut terputus (kurang) keberkahannya. (Disahihkan oleh jama'ah, seperti Ibnu Shalah, Nawai dalam Adzkar-nya, Syaikh Bin Baz berkata : "Hadits ini hasan dengan syawahidnya".)

Dilindungi dari Gangguan Jin

Dalam riwayat lain sebagaimana terdapat dalam al-Jami Shagir, dan dihasankan oleh Munawi dalam syarhnya, Rasulullah bersabda:

سَتْرُ بَيْنَ أَعْيُنِ الْجِنِّ وَبَيْنَ عَوْرَاتِ بَنِي أَدَمَ إِذَا وَضَعَ أَحَدُهُمْ شَوْبَهُ أَنْ يَقُولُ بسْم اللّه

Artinya : "Penghalang antara mata jin dan aurat Bani Adam, apabila salah seorang dari mereka melepas pakaiannya, ialah dengan membaca bismillah".

Itulah 3 di antara beberapa manfaat mengawali kegiatan dengan membaca bismillahirrahmanirrahim. Yuk awali pagi ini dengan membaca bismillahirrahmanirrahim

Tidak ada komentar:

Posting Komentar