Senin, 09 Agustus 2021

*NLP 101*

 


*NLP 101*


*4 + 1 Pillar of Wisdom*


Selamat pagi pembelajar NLP, mari kita ingat kembali pelajaran dasar tentang fondasi ini. 


Para pengembang NLP menyatakan bahwa 4 pillar adalah hal yang akan bersentuhan dengan kita setiap hari. 


*1. Outcome.*

Adanya tujuan akhir yang terencana, terukur dan terencana dalam kegiatan sehari-hari, dalam skala makro ataupun mikro, saat membuat project ataupun hanya sekedar berkomunikasi, bahkan Bandler membuat satu buku yang berjudul 'Thinking in Purpose", yang mengajarkan bagaimana saat berpikir pun kita perlu melatih diri dengan adanya tujuan. 


*2. Building Rapport.*

Kita perlu mengakrabkan diri dengan diri sendiri saat melakukan dialog internal kedalam atau saat berkomunikasi dengan orang lain, karena asumsi dasar NLP menyatakan bahwa kita tidak bisa tidak berkomunikasi, bahkan diam saja saat berhadapan dengan orang lain adalah komunikasi, dan sebagai mahkluk sosial kita akan selalu berkomunikasi dengan orang lain, semakin terlatih kita berkomunikasi, maka cara kita mengakrabkan diri dengan orang lain pun akan lebih efektif. 


*3. Sensory Acuity*

Pemahaman kita tentang "Human model of the world' bahwa manusia akan merespon dari stimulus yang diberikan akan membuat kita lebih peka terhadapa respon-respon diri atau orang lain, kepekaan indrawi ini bisa membuat kita lebih handal dalam berkomunikasi. 


*4. Flexible.*

Bukan tanpa alasan fleksible jadi pilar NLP, karena ke-aku-an dan ke-kaku-an saat ingin mencapai tujuan justru bisa mengurangi kita mengakses sumber daya, saat lebih fleksible kita bisa memodel perilaku terbaik agar bisa menikmati proses dalam mencapai tujuan. 


*5. Apply to Self*

Saat kita mengadopsi nilai, metodologi atau teknik NLP, hal yang sebaiknya dilakukan adalah menggunakannya untuk diri sendiri, dengan demikian kita bisa lebih 'mindfulness' dalam menjalani kehidupan dan menghadapi perubahan. 


Jadi, 4 + 1 nilai kebijakan NLP ini bisa bermanfaat untuk kita dalam menikmati setiap proses dalam kehidupan. 


Semoga bermanfaat dan Terima kasih


Yusdi Lastutiyanto. Cht (IACT-USA).,CI

Pembelajar NLP dan Hipnosis


Jakarta, 9 Agustus 2021

Tidak ada komentar:

Posting Komentar