Minggu, 16 Januari 2022

Apa itu Hipnosisi ? Hipnosis adalah fenomena mental Alami

 





Hypnosis / hipnosis pertama kali diperkenalkan oleh James Braid seorang dokter ternama di Inggris antara tahun 1795 - 1860. Sebelum masa james braid hipnosis di kenal dengan nama Mesmerism atau magnetism. 

Di Indonesia , hipnosis sering di salah artikan  sebagai hipnotis , padahal hipnotis kata aslinya hypnotist sebenarnya mengacu pada pelaku atau praktisi ilmu hipnosis. 

Hipnoterapi adalah suatu teknik terapi pikiran menggunakan hipnosis. Maka orang yang ahli dalam menggunakan  hipnonsis untuk terapi disebut hipnoterapis ( hypnoterapist) .

Seorang yang bisa menghipnosis belum tentu bisa melakukan hipnoterapi dengan benar dan efektif . Dengan kata lain tidak semua hipnotis adalah hipnoterapis , namun hipnoterapis pastilah hipnosis.,

Kondisi hipnosis tidaklah sama dengan tidur. Orang yang sedang tidur tidak menyadari dan tidak bisa mendengar suara - suara di sekitarnya . Sedangkan orang dalam kondisi hipnosis , meskipun tubuhnya beristirahat (seperti tidur ), ia masih mampu mendengar dengan jelas dan merespon informasi yang di terima nya, 

Hipnosis adalah Fenomena Alami dan Normal

Sahabat pembelajaran, pernahkan  anda dihipnosis ? Belum ? Baik, di antara anda banyak menjawab belum atau tidak pernah. Kalau memang demikian pernahkah anda mengalami hal di bawah ini:

• Menyetir mobil/motor dan tidak mengingat sebagian detail dari perjalanan anda? Anda tidak ingat berapa lampu merah yang anda lalui dan tahu tahu sudah tiba di rumah atau kantor

• Membaca buku hingga menjadi bagian dari buku tersebut

• Merasa menjadi pemeran utama selesai menonton bioskop? Semisal anda menontop film captain america dan ketika keluar dari bioskop cara berjalan anda merasa tegap seperti captain America?

• Menangis saat menonton Film atau mendengarkan musik? Padahal sebenarnya tidak ada yang membuat anda bersedih?

• Membeli makanan saat anda tidak lapar. Tapi karena makanan tersebut terlihat lezat atau sedap harusnya ?

• Melakukan pekerja  yang membutuhkan kreativitas hingga lupa waktu?

• Bergoyang tanpa sadar saat mendengarkan musik ?

• Mencari kaca mata yang sedang anda kenakan ? 

Bila jawaban anda pernah atau minimal pernah mengalami hal yang mirip dengan kejadian di atas sebenarnya anda pernah mengalami proses hipnosis . karena hipnosis adalah peristiwa yang alami, bahkan dalam sehari anda dua kali , yaitu saat anda akan tertidur ( kondisi lena) dan menjelang bangun tidur tapi masih malas untuk beranjak dari tempat tidur anda.  Pada saat itu , seluruh tubuh anda beristirahat tapi pikiran anda masih bekerja walau pun setengah sadar. 


Sahabat pembelajaran , pernahkah pula anda menghipnosis? Tentu anda menjawab, bagaimana mungkin menghipnosis orang lain , nyatanya ilmunya saja saya baru kenal lewat buku dll. 

Baik kalau memang demikian pernahkah anda mengalami hal seperti dibawah ini;

• Anda bercerita mengenai masalah yang sedang menimpa anda , dan tiba tiba kawan yang mendengar cerita itu meneneska  air mata?

• Atau sebaliknya , anda suka bercerita sesuatu yang kocak sehingga kawan yang mendengar bisa tertawa twrbahak bahak?

• Anda menceritakan sebuah kisah motivasi , yang ternyata bisa merubah sifat kawan yang mendengarkan cerita tadi?

• Anda menceritakan kesusahan  hidup anda untuk kemudian untuk meminjam uang dari kawan, dan dengan sukarela Mereka meninjamkan uang mereka ? 

Kalau pernah atau bahkan sering itu artinya itu artinya sebenarnya anda sudah pernah menghiposis 

Hipnosis bukanlah cara menguasai pikiran seseorang. Melainkan seni mengelola pikiran . Seorang pakar hipnosis tidak punya kekuatan supranatural yang bisa mengendalikan pikiran anda. Jika anda tidak bisa di paksa untuk menikmati film, maka anda tidak bisa paksa untuk dihipnosis. Hipnosis adalah mental alami. Setiap manusia normal punya kemampuan untuk mengalami hipnosis . Anda dapat menolak hipnosis dengan cara mengabaikan semua yang dikatakan oleh seorang hipnosis. Seperti hal nya anda juga bisa menolak untuk terharu oleh cerita yang sedih dalam film dengan cara memikirkan hal lain ketika menonton film.

Hipnosis tidak selalu Relaksasi 

Beberapa orang mengira bahwa kondisi hipnosis tidak lain adalah kondisi fisik yang sangat relaks. Dengan kata lain , hipnosis hanya bisa dicapai dengan relaksasi fisik. Semakin dalam relaksasi , maka semakin jauh level kedalaman fisik . Pemahaman ini kurang tepat . Memang benar salah satu ciri orang yang berada dalam kondisi hipnosis adalah tubuhnya tampak rilaks. Namun tubuh yang rilaks belum tentu menandakan orang kondisi hipnosis. Bahkan dengan teknik yang ada saat ini , kita bisa menghipnosis orang dalam kondisi bangun (waking hypnois) , tanpa orang tersebut ditidurkan lebih dulu. Teknik ini sangat berguna untuk tenaga penjualan , politisi, public speaking,  dll . Teknik ini di perlukan karena masih banyak orang yang takut di hipnosis.

Ketakutan ini wajar karena mereka belum mengenal hipnosis dari sumber yang benar. Banyak orang mengira , bahwa orang yang dihipnosis akan dikuasai pikirannya oleh orang yang menghipnosis. Opini tersebut tidak benar, karena dalam kondisi hipnosis , seseorang tetap memegang kontrol atas dirinya . 


Kunjungi web saya : 

www.akhlakulkarimahhipnoterapi.com

https://wa.me/message/GW6KY77C6GTAC1

www.abdulahhubai.com 






Tidak ada komentar:

Posting Komentar