Rabu, 19 Januari 2022

Conscious Mind (Pikiran Sadar/PS ) 12% VS Subconscious Mind 88%









Sahabat pembelajaran 

Kita harus paham dahulu apa makna pemodelan dari kesadaran manusia?  Maksudnya apa ,.. beribu-ribu tahun manusia berusaha memahami keajaiban pikiran manusia . Kenapa ada manusia yang super cerdas seperti einstein , atau beberapa waktu lalu kita melihat di seneteron ada tokoh Encep yang dikesankan idiot.  Ada juga beberapa orang terkesan sakti seperti beberapa para normal nusantara. Ternyata semua keajaiban itu terjadi berhubungan erat dengan tingkat kesadaran manusia.  Keajaiban manusia ada 2 area utama yang saling berkontribusi untuk menciptakan suatu pemikiran , reaksi dari manusia yaitu ;

♡ Conscious Mind ( Pikiran Sadar/PS)

Suatu area yang memiliki sifat kritis, analitis, logis dan sering di analogikan dengan wilayah otak kiri. Secara sederhana PS dalam kehidupan manusia sehari-hari biasa disebut dengan pikiran yang selalu menggunakan nalar , logika dan bersifat analitis.

Pikiran sadar bersifat sangat kritis sehingga informasi apapun yang masuk ke dalam otak kiri akan dianggap sebagai informasi yang diterima jika sesuai dengan logika dan kehendaknya.

Pikiran sadar adalah proses mental yang disadari dan bisa dikendalikan . Biasanya pikiran sadar bekerja pada orang-orang yang mahir dan terampil dari segi kemampuan IQ (Intellegence Quotient) 

Kontribusi pikiran sadar relatif kecil, beberapa buku menuliskan sekitar 10%-12%.

Secara fisik pikiran sadar terletak di otak kiri yang berfungsi untuk mengakses bahwa verbal , logika , angka angka, urutan penilaian , linier , dan terdapat Short Term Memori (STM) .

Secara sederhana dapat dikatakan  bahwa sifat pikiran sadar adalah susah masuk dan gampang hilang.


♥️ Subconscious Mind ( Pikiran bawah sadar)

Pikiran bawah sadar adalah gudang yang menakjubkan . Suatu area yg mirif dengan bank data dari pikiran manusia . 

Berisikan berbagai pengalaman , pengetahuan , belief ( keyakinan dasar) dsb. Area ini cenderung kurang kritis. 

Pikiran bawah sadar mirif dengan storage di sebuah komputer , yang kosong kosong untuk pertama kali nya, kemudian secara bertahap mulai di isi berbagai program ( software) dari luar, termasuk software yang mungkin buruk dan berpotensi merusak ( misal : virus)

Pikiran bawah sadar adalah gerbang untuk memasuki masa lalu dengan segala memori di dalam nya sehingga apa yang sudah terekam di dalam memori pikiran bawah sadar bisa dimunculkan kembali kapan saja.

Kontribusi Pikiran Bawah sadar relatif besar , beberapa buku menuliskan sekitar 88% - 90% 

Secara fisik , pikiran bawah sadar berada di otak kanan dan berfungsi untuk mengakses dan menyimpan data- data berupa kebiasaan /riflek , emosi , kepribadian, persepsi , imajinasi , visi, kreativitas, belief system (keyakinan) dan value( nilai- nilai) serta bersifat Long Term Memory (LTM).

Secara sederhana dapat dikatakan bahwa sifat pikiran bawah sadar adalah gampang masuk dan susah hilang

Pada dasar nya terdapat 2 macam cara bagaimana suatu informasi memasuki PBS, pertama adalah melalui pengalaman langsung ( peristiwa apapun yang kita alami sendiri ), dan yang kedua adalah pengalaman induktif ( informasi yang berasal dari pihak luar atau external agents ) . informasi yang paling dominan justru dari  pengalaman induktif , termasuk kemungkinan informasi yang salah yang berpotensi menjadi wrong imprint ( jejak salah cetak ) atau Faulty program ( program yang salah ) dan tentu sangat tidak memberdayakan.  Fenomena Wrong Imprint banyak terjadi terutama di kisaran umur kanak- kanak ( dibawah 8 thn )

Bagaimana pula jika dalam PBS seseorang ternyata terdapat banyak hal yang tidak memberdayakan ? apakah dapat di hapus ?

seluruh informasi yang sudah terlanjur menjadi permanen di PBS tidak dapat di hapuskan atau dihilangkan . Tujuan Hypnoterapy salah satunya adalah melakukan proses pemaknaan ulang atau reframming atas seluruh program negatif yang telah ada dan berpotensi mengganggu kehidupan seseorang. 

Hal - hal yang menarik , bahwa ternyata porsi pikiran bawah sadar ternyata sangat dominan dalam menentukan tindakan seseorang. 

dengan komposisi kontribusi pikiran sadar 12%  vs Pikiran bawah sadar 88%  maka kita dapat dikatakan nyaris merupakan  makhluk bawah sadar. 

Apa yang sering anda pikirkan dan ucapkan secara sadar dengan berulang-ulang dan akhirnnya akan diterima sebagai suatu KEBENARAN oleh pikiran bawah sadar. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar