Rabu, 23 Februari 2022

3. Pembelajaran



Pembelajaran Part 3 

Apakah hypnoterapi itu pemaksaan kehendak pikiran seorang terapys ?

Terus di masyarakat terjadi penipuan hipnotis ??๐Ÿ˜ƒ

______

*Keberhasilan hypnotherapy membutuhkan kerjasama anda*,

Selama proses hipnosis Anda harus membuka pikiran anda untuk menerima dan mengikuti instruksi dari saya.

Saya ingin anda bersikap pasrah dan terbuka terhadap proses terapi ini. Penting untuk anda ketahui bahwa saya tidak akan menguasai pikiran anda

Kendali penuh atas diri anda tetap berada pada diri Anda sendiri dan saya berperan sebagai pemandu saja.

Seandainya pikiran anda adalah mobil maka anda adalah pengemudinya dan saya adalah petunjuk jalannya.

Saya tahu jalan menuju solusi dari masalah anda.

Jika anda mau mengikuti petunjuk saya Saya tahu anda akan sampai di tujuan anda.

Namun saya tidak bisa memaksa anda untuk mengikuti petunjuk saya maka dari itu Anda harus membuka pikiran anda untuk mengikuti proses terapi.


*Saya tidak bisa memaksa diri anda untuk berubah*.

Meskipun  anda dalam kondisi hypnosis kontrol penuh atas diri anda tetap ada di tangan Anda sendiri. 

Semua hipnoterapis, termasuk saya tidak akan pernah *menguasai* pikiran anda.

Namun jika anda mau menerima sugesti saya dengan sepenuh hati saya tahu solusi yang pasti bagi masalah anda.

Jika anda mau mengikuti instruksi saya dengan pikiran terbuka, saya bisa membantu Anda meraih tujuan anda *dengan cepat*.

Agar hasil dari hipnoterapi ini maksimal ada satu hal penting yang harus anda perhatikan.

Kapanpun saya memberi sugesti yang baik untuk anda maka saya ingin anda menerimanya sepenuh hati.

Saya ingin anda membuka diri Anda dan bersikap optimis agar sugesti yang saya berikan efeknya maksimal untuk diri Anda.

Dan ketika saya membimbing anda untuk menjalani suatu proses terapi,  Saya ingin anda mengikutinya dengan sepenuh hati.

๐Ÿ’— *Dalam hati* , mungkin sekarang Anda bertanya Benarkah hipnosis tidak bisa digunakan untuk *memaksa orang lain?*

*Bagaimana dengan kejahatan hipnotis yang sering diberitakan di koran, media dll* ?

Justru inilah kesalahpahaman yang ingin saya jelaskan kepada anda.

Bahwa yang diberitakan di media massa mengenai *kejahatan hipnotis* kenyataannya *bukanlah hipnosis*. Namun karena ketidaktahuan masyarakat *Kasus pembiusan penipuan itu dipercaya sebagai hipnotis*.

Jika barang berharga diambil ketika korban tertidur setelah diberi obat tidur yang dicampur minuman atau makanan, itu *bukanlah hipnosis*.

Namun kasus semacam ini sering *diberitakan* sebagai hipnosis karena ketidaktahuan masyarakat atau *disengaja* oleh wartawan yang menulis berita itu dengan tujuan memunculkan *sensasi*.

Orang yang tertipu mentah-mentah, seringkali *mengaku dihipnotis* untuk menutupi *kebodohannya*. 

Karena jika dia mengaku telah menjadi korban penipuan, dia akan *dianggap bodoh oleh keluarga dan orang-orang sekitarnya*. 

Oleh karena itu, agar dia tidak disalahkan dan *tidak dianggap bodoh*,  dia  mengaku *dihipnotis*. Dari penjelasan ini,  saya harap Anda bisa memahami bahwa berita di media massa tentang kejahatan hipnotis adalah berita yang tidak bisa dipercaya

Lalu bagaimana dengan pesulap di televisi yang tampaknya bisa menguasai orang lain dengan hipnosis.?

Jika anda melihat *proses syuting* pertunjukan hipnosis di televisi maka anda akan tahu bahwa seseorang yang akan diproses adalah orang yang dari awal sudah bersedia dihipnotis dan bersedia tampil dalam acara televisi. 

Mereka tahu kalau akan dihipnotis dan tahu dirinya sedang *disorot kamera*. 

Dari awal mereka sudah bersedia mengikuti perintah sang ahli hipnotis.

Mereka pun sudah tahu bahwa mungkin mereka akan dipermainkan Apabila mereka mau di hipnotis. Namun karena mereka *ingin masuk televisi* atau karena ingin mencoba rasanya dihipnotis atau karena ingin *imbalan* setelah ikut permainan hipnosis, maka mereka bersedia dipermainkan. 

Jadi kenyataannya, seorang ahli hipnosis tidaklah menguasai orang lain yang di hipnotis nya.

Karena seorang ahli ilmu hipnosis hanya bisa *menghipnotis orang yang mau dihipnotis* dan mau dipermainkan. 

Kadang seseorang dalam seorang ahli hipnosis pertunjukan juga menggunakan seorang figuran yang juga dipersiapkan sebelumnya. 


*Pikiran tidak sadar* adalah pikiran yang mengoperasikan tubuh anda secara otomatis, detak jantung reproduksi sel penyembuhan luka sirkulasi darah dan sistem otomatis lainnya dikerjakan oleh pikiran tidak sadar. 


* Pikiran tidak sadar* selalu aktif meskipun Anda tertidur pulas. 


*Pikiran bawah sadar* yang merupakan bagian pikiran yang sangat dominan dan seringkali mengendalikan diri Anda. Pikiran bawah sadar membuat kebiasaan, dorongan perasaan, keyakinan, persepsi dan memori permanen. 

Menurut seorang tokoh psikologi Sigmund Freud, manusia sebagian besar berdasarkan program-program yang tertanam di pikiran bawah sadar, bukan berasal kan logikanya. 

Pikiran bawah sadar adalah tempat menyimpan semua memori dan program-program pikiran anda.

Program apapun yang ada di pikiran bawah sadar anda, akan selalu menjadi dasar bagi tindakan anda.

Pikiran sadar adalah bagian pikiran anda yang selalu bersifat Logika dan rasional. Dengan berpikir Logika dan rasional Anda bisa menciptakan kehendak atau keinginan untuk berubah. 

Namun ternyata kehendak saja tidak cukup untuk mewujudkan perubahan yang permanen, karena kehendak pikiran sadar selalu kalah apalagi bertentangan dengan program yang tertanam di pikiran bawah sadar. 

Contoh mudahnya adalah perokok. Secara rasional dan logis, hampir semua perokok tahu bahwa rokok adalah kegiatan yang merugikan diri sendiri. Para perokok sebenarnya juga punya keinginan untuk berhenti merokok. Namun kehendak itu tidak pernah menang melawan kebiasaan merokok yang sudah menahun.

Kebiasaan merokok merupakan sebuah program yang tertanam di pikiran bawah sadar selalu lebih kuat efeknya daripada kehendak pikiran sadar. 

Tujuan dari hipnoterapi adalah menghapus atau menanamkan program di pikiran bawah sadar supaya perubahan yang anda alami berlangsung dari dalam diri anda sendiri.

Dengan mengubah program yang ada di bawah sadar anda maka anda tidak perlu susah payah memaksa diri anda untuk merubah. Misalnya Anda ingin menurunkan berat badan. Dengan hipnoterapi anda tidak perlu susah payah menahan keinginan untuk makan.

Pikiran bawah sadar anda bisa diberi program agar supaya anda merasa kenyang dengan makanan yang sedikit dan tetap merasa kenyang sampai Tiba Waktunya makan. Dengan begitu anda tidak merasa tersiksa meskipun makan cuman sedikit.

Kesimpulannya, hypnotherapy merupakan sebuah metode yang bisa mengubah program di pusat kendali dalam diri anda. 

Saya maksud pusat kendali adalah pikiran bawah sadar.

Hypnotherapy merupakan terapi yang langsung berurusan dengan sumber segala masalah pribadi yaitu pikiran bawah sadar. Karena hypnotherapy langsung mengatasi akar masalahnya , maka perubahan yang terjadi melalui hypnotherapy adalah permanen. Misalnya Anda punya sakit maag karena asam urat tinggi. Tingginya Asam urat disebabkan oleh rasa kecemasan, Jika anda hanya minum obat, 

Maka obat itu hanya menyembuhkan sementara, dengan hipnoterapi,  kecemasan Anda dihilangkan sehingga sakit maag tidak akan muncul untuk selamanya. 

1 komentar: