Sabtu, 02 April 2022

EMPAT PILLAR PEMBELAJAR _NEURO LINGUISTIC PROGRAMMING_

 


*EMPAT PILLAR PEMBELAJAR _NEURO LINGUISTIC PROGRAMMING_*

Mempelajari NLP memang seperti tidak ada habisnya, selalu ada hal baru yang ditemukan dengan pendekatan modeling dan linguistik ini. 

Jika mau diartikan dengan simple _Neuro Linguistic Programming_ adalah ilmu tentang proses berpikir secara subjektif seseorang, dan tentu dengan istilah subjektif ini, maka NLP ilmu tentang membuat perbedaan dengan cara yang berbeda yang akan menghasilkan perbedaan. 


Dan dari penjelasan di atas, ada empat kata kunci bagaimana nantinya NLP membawa seseorang membuat perbedaan dan berorientasi pada perubahan, meskipun perubahan itu pasti, tapi minimal kita bisa tahu bagaimana menghadapi perubahan atau merencanakan perubahan. Empat Pillar tersebut adalah:


*1. Tahu apa yang di inginkan.* ( _*Outcome*_ ) 


Membuat rencana yang detail, terukur, terstruktur dan terarah akan memperbesar kemungkinan terjadinya perubahan. Semakin detail dan jelas hal yang Anda inginkan, semakin besar hal itu dapat terwujud. 


*2. Kepekaan Diri.* ( _*Sensory Acuity*_ ) 


Setelah tahu apa hal yang di inginkan, tentu selanjutnya mengenali kemampuan diri, mempelajari sumber daya untuk membuat strategi, membuat alasan mengapa perlu menggapai keinginan itu, merancang rencana aksi bagaimana menjalankan rencana yang telah dibuat, melakukan langkah pertama untuk mencapai tujuan yang di inginkan, dan dengan siapa Anda bisa berkolaborasi untuk mencapai tujuan Anda.*


*3. Fleksibitas* ( _*Flexibility*_ ) 


Kekakuan pada diri saat menjalankan rencana Anda bisa membuat Anda kehilangan moment menikmati proses, dengan sikap fleksible Anda tidak mudah stress, sehingga membuat Anda memiliki alternative lain untuk di akses.


*4. Piawai Membangun Keakraban ( _Rapport Building_ ).*


Pillar ke-empat sangat substansi, yaitu keterampilan menggunakan kata-kata yang digunakan untuk berkomunikasi dengan orang lain untuk lebih akrab, keterampilan membaca bahasa tubuh orang lain, membaca pesan tersembunyi dan bagaimana beradaptasi dengan orang lain untuk mencapai tujuan kita, dengan _Win and Win results._


Empat hal ini merupakan fondasi yang bisa kita gunakan dalam proses pencapaian perubahan dan prinsip mempelajari NLP, karena NLP dengan serangkaian teknik dan metodologinya merupakan alat untuk mengakselerasi pencapaian tujuan Anda. 


Di sisi lain, empat pillar ini tentu dilengkapi dengan satu pemikiran, yaitu perlu digunakan untuk diri sendiri dulu, sebab pengaruhnya bisa dirasakan oleh orang sekitar kita. 


Salah satu pengaplikasian NLP adalah dalam tema-tema teurapetik, bagaimana NLP dimanfaatkan untuk kemajuan seseorang 

Di kelas ini peserta diharapkan dapat mengenal istilah dan terminologi dalam NLP dan dapat menggunakan pendekatan NLP dalam proses terapi sebagai pelengkap kompetensi sebagai hipnoterapis. 


Sampai bertemu dikelas buat Anda para pembelajar. 


Semoga Bermanfaat dan Terima Kasih. 🙏



Tidak ada komentar:

Posting Komentar