Senin, 18 April 2022

webinar mengenai Pemanfaatan dan Perkembangan Teknologi Pada Masa Pandemi Ditinjau dari Tiongkok dan India




Alhamdulillah, telah terlaksana webinar mengenai Pemanfaatan dan Perkembangan Teknologi Pada Masa Pandemi Ditinjau dari Tiongkok dan India. 17 April 2022.


Banyak hal yang didapat dalam webinar kali ini. Kesimpulannya secara singkatnya apabila teknologi Indonesia ditinjau dari Tiongkok dan India adalah:


1. Indonesia berada di urutan ke-3 pengguna Internet terbesar di Asia setelah Tiongkok dan India.


2. Infrastruktur telekomunikasi di Indonesia harus terus dibangun, agar setiap warga di daerah-daerah dapat menggunakan teknologi yang sama.


3. Literasi digital di Indonesia harus terus ditingkatkan, jangan sampai bertahun-tahun ke depan Indonesia hanya mengurusi masalah berita hoax saja.


4. Sekolah harusnya ada mata pembelajaran mengenai literasi digital (mungkin dimasukkan ke dalam mata pelajaran TIK). Jadi bukan hanya belajar Microsoft Office saja, tetapi juga belajar mengenai bagaimana menggunakan teknologi, media sosial dengan bijak, baik dan benar, bagaimana mengatasi berita hoax, dan lain sebagainya.


5. Pemerintah harus punya program andalan (target tujuan) untuk kemajuan teknologi di Indonesia. Misal (bisa juga jadi masukan):

- Target 2030 Indonesia 100% cakap digital

- Percepatan pembangunan infrastruktur telekomunikasi sampai ke desa-desa

- Program 1 smartphone satu kepala keluarga (untuk mendukung meratanya fasilitas teknologi di daerah :D) atau bisa juga Program 1 laptop satu kepala keluarga

- Beasiswa jurusan IT di tiap daerah, sehingga program 1.000 lulusan Teknik Informatika di daerah

- Mengadakan lomba-lomba kreatifitas pembuatan aplikasi atau startup di tingkat Nasional, Provinsi, sampai Kabupaten/Kota

- Program minimal 1 startup asli daerah dalam tiap 6 bulan atau 1 tahun

- Tiap-tiap daerah mengadakan meet up atau seminar rutin mengenai perkembangan teknologi dan masalah teknologi di daerah

- Pelatihan mengenai pemanfaatan teknologi


Berkaca dari Tiongkok, sejak tahun 2012, presidennya sudah menargetkan pada tahun 2030 mereka akan menjadi pemimpin dari teknologi AI di dunia.


6. Masyarakat juga harus turut andil dalam pemanfaatan teknologi di daerah, masyarakat harus turut serta dalam penyebaran literasi digital yang baik.


Prediksi kedepan, teknologi AI (Artificial Intelegence) atau kecerdasan buatan akan banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan Metaverse atau ruang virtual di mana pengguna dapat berinteraksi secara online, adalah sebuah keniscayaan akan terbiasa kita gunakan nantinya.


Ditutup dengan quotes:

Jangan tanya, "Apa yang dapat dilakukan teknologi untuk saya?"

Tetapi tanyakan, "Apa yang dapat saya lakukan dengan teknologi?" - Adam.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar