Minggu, 29 Mei 2022

Pelatih, Mentor, Pengajar, Coach

 

BILA ......


Bila saya tidak paham bagaimana bermain dan permainan badminton, kemudian tertarik untuk mengetahuinya, maka saya akan mencari seorang PENGAJAR yang dapat menjelaskan "all about badminton"


Bila saya ingin bisa bermain badminton, saya akan mencari PELATIH, yang dapat menunjukan dan mengajari dasar-dasar bermain badminton.

Begitu juga setelah saya bisa, dan saat ingin meningkatkan keterampilan badminton agar bisa menjadi atlit yang hebat, maka saya akan mencari Pelatih yang dapat mendidik saya dengan Pelatihan dan Latihan yang benar sehingga saya menjadi jago, bukan sekedar bisa.


Saat mau menambah jam terbang, saya akan mencari MENTOR, seseorang yang memiliki pengalaman dan jam terbang, agar bisa belajar dari pengalamannya. Sehingga meminimalkan kesalahan dan memperpendek jam terbang.


Saat saya sudah menguasai dengan baik segala macam teknik dan permainan badminton, namun tidak pernah mencapai prestasi terbaik, maka saya akan mencari seorang COACH yang dapat "menyemburkan" potensi yang saya miliki, sehingga bisa menjadi juara.


Jadi saya membuat definisi:


PENGAJAR adalah suatu profesi yang bertujuan membuat seseorang menjadi tahu, mengerti dan atau paham akan sesuatu. 

MENGAJAR = memberi PENGETAHUAN.


PELATIH adalah seseorang yang kompeten dalam bidang tertentu dan berperan untuk membuat seseorang yang tadinya tidak mampu menjadi mampu, dan atau meningkatkan kemampuan yang sudah dikuasainya menjadi lebih baik lagi.

MELATIH = menunjukan cara untuk menguasai KETERAMPILAN.


MENTOR adalah seseorang yang sangat menguasai bidang tertentu dan memiliki pengalaman dalam bidang tersebut, dan membagikan ilmunya kepada orang yang membutuhkannya

MENTORING = membimbing seseorang dengan menggunakan keahlian dan PENGALAMANnya.


COACH adalah suatu profesi yang bertujuan membimbing seseorang melalui proses bertanya untuk menggali kemampuannya, agar menemukan solusi untuk mencapai tujuanya.

COACHING = membimbing seseorang agar MENEMUKAN JALANnya sendiri sesuai dengan potensi personal dan profesional nya


Demikian penjelasan singkat saya.... 

Semoga membantu teman-teman dalam menyesuaikan (lebih tepatnya menurunkan) "ekspektasi" terhadap masing-masing profesi di atas.


Disclaimer: bila definisi yang saya buat tidak sesuai dengan definisi yang dibuat orang atau organisasi lain, mohon tidak diperdebatkan 🙏🙏🙏🏻


Di copas dari :

Coach Armala dan caoch Cutnovalita yang sangat luar biasa 


www.akhlakulkarimahhipnoterapi.com 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar