Rabu, 29 Juni 2022

PERBANYAKLAH STRES YANG SEHAT!





PERBANYAKLAH STRES YANG SEHAT!


_"Tujuan harus sedikit membuatmu takut, dan sedikit membuat Anda tertarik."_

-Joe Vitale


Orang pada umumnya takut menentukan tujuan karena khawatir membuatnya stres. Khawatir jika tujuan dan realita tidak sesuai, maka hidupnya akan menderita. Nampaknya pandangan ini benar, dan menjadi resep hidup damai dan tenteram. Namun kenyataannya, tanpa tujuan kita tidak bisa menata hidup dengan lebih baik. 


Menurut psikologi klinis, Stres itu tidak selalu buruk. Orang sering menghindari stres, namun kenyataannya stres selalu ada. Yang bisa kita lakukan sebenarnya bukan menghindari stres, tetapi mengelola stres, terutama memperbanyak stres baik. 


Jadi, stres itu ada dua macam, yaitu stres baik dan stres buruk. Stres baik disebut juga sebagai eustress. Stres baik (eustress) ini mengacu pada perasaan yang bisa membantu memunculkan inspirasi, motivasi, dan meningkatkan kinerja Anda. 


Sedangkan stres buruk disebut sebagai distress. Stres jenis inilah yang umumnya dikenal oleh sebagian besar orang, yaitu perasaan tertekan yang hanya membuat Anda lelah, gelisah, bahkan bisa menurunkan kualitas kesehatan diri. 


Seperti yang dikatakan Joe Vitale. Menentukan tujuan hidup haruslah menarik, dalam arti sesuai dengan kecenderungan dan keinginan kita. Namun tujuan hidup juga harus memancing rasa takut. Rasa takut dalam hal ini bukan dalam arti negatif, tapi maksudnya harus bisa memberi tantangan dan bisa meningkatkan standar kualitas hidup kita. Karena itu tujuan ditentukan selalu pada hal-hal yang belum kita capai. Jika menentukan tujuan yang terlalu ringan, terlalu mudah, bahkan yang sudah dicapai, maka itu semua tidak pernah akan ada tantangannya. Akibatnya kita justru dengan mudah memandang enteng tujuan tersebut, bahkan meninggalkannya begitu saja.


Jadi, jika Anda ingin berkembang dan meraih kesuksesan, maka Anda justru butuh lebih banyak porsi stres sehat (eustess).

Gunakan WELL FORMED OUTCOME dalam menentukan Tujuan anda . 



Sumber : Dari segala sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar