Minggu, 05 Februari 2023

SOMBONG



SOMBONG ?

Apa beda sombong dan Riya ?

Lantas, apa saja ciri-ciri sifat sombong? Kenali tandanya agar kamu lebih berhati-hati dan tidak melewati batas, dihimpun dari berbagai sumber.


1. Hobi pamer

Orang yang gemar pamer harta, kemewahan, status, atau kelebihan diri termasuk sifat sombong yang paling mencolok tetapi mungkin tak banyak disadari.


Terlebih di era media sosial seperti sekarang, semakin mudah untuk menunjukkan kelebihan diri pada banyak orang.


Mungkin bukan masalah jika kamu melakukannya satu-dua kali, tapi jika terlalu sering justru akan membuat orang di sekitarmu kesal dan tidak nyaman.


2. Selalu merasa benar

Dilansir dari laman Lifehack, selalu merasa benar juga termasuk ciri-ciri sombong. Orang yang sombong biasanya akan merasa dirinya paling benar dan mau menang sendiri, pada hal-hal sepele sekalipun.


Sementara orang lain dianggap kecil dan tak mampu berbuat apa pun. Bahkan di matanya, orang lain selalu berbuat salah.


3. Hanya membicarakan diri sendiri

Tanda orang sombong berikutnya adalah suka membicarakan diri sendiri. Apa pun topik yang dibicarakan bersama orang lain, ujung-ujungnya kamu akan cenderung mengarahkan topik dan membahas tentang dirimu sendiri.


Sesekali perhatikan, apakah kamu kerap melakukannya setiap kali sedang berbicara atau ngobrol dengan teman atau orang di sekitarmu?


4. Haus pujian

Haus pujian adalah salah satu ciri sifat sombong berikutnya. Orang yang sombong akan selalu mencari cara agar terus dipuji atau dielu-elukan.


Bahkan, orang sombong tak segan menjatuhkan orang lain demi mendapat pujian dan pengakuan oleh orang sekitarnya.


5. Sering bersikap kasar

Kesombongan biasanya disertai dengan sikap yang kasar. Sikap yang kasar dapat terlihat dari cara kamu berkomunikasi, memberikan pendapat perilaku yang tidak sopan, membentak, menghina, dan sebagainya.


Sebab, orang yang sombong percaya bahwa dirinya lebih spesial sehingga tidak peka terhadap perasaan atau kebutuhan orang lain.


6. Menyepelekan orang lain

Meremehkan atau menyepelekan orang lain adalah sikap yang sangat tidak terpuji. Selain dapat melukai perasaan orang lain, kebiasaan menyepelekan orang juga dapat merugikan diri dan dicap sebagai orang sombong.


Sikap menyepelekan ini bisa terlihat dari perilaku tak acuh, malas mendengarkan orang, tidak mengapresiasi keberhasilan atau pencapaian orang lain, dan sebagainya.


7. Tidak suka diberi nasihat

Mau menerima masukan dan nasihat adalah ciri orang yang memiliki sifat rendah hati. Sebaliknya, orang sombong terkadang tak suka apabila diberi nasihat oleh orang lain.


Mereka cenderung menolak nasihat bahkan melawan karena merasa dirinya yang lebih tahu dibandingkan orang lain.


Demikian ciri-ciri sifat sombong yang sebaiknya dihindari agar tak dijauhi orang di sekitarmu.


Sombong itu lebih cenderung sikap seseorang yang merasa dirinya paling sempurna dan menganggap orang lain rendah di matanya. Sedangkan Riya merupakan sikap yang merasa senang cenderung berlebihan dalam mendapatkan pujian, serta merasa pamer atas apa yang telah dia punya.


Dan janganlah kamu memalingkan wajah dari manusia (karena sombong) dan janganlah berjalan di bumi dengan angkuh. Sungguh, Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong dan membanggakan diri.

QS. Luqman Ayat 18


Dari sahabat Ibnu 'Umar radhiyallahu 'anhuma, Rasulullah ﷺ bersabda, 

“Barang siapa yang merasa besar dalam dirinya dan dia sombong dalam cara berjalannya maka dia akan bertemu dengan Allah pada hari kiamat dalam kondisi Allah murka kepadanya.”


Kesombongan menjadi dosa besar dalam Islam. Bahkan, Nabi Muhammad SAW bersabda dalam hadist yang diriwayatkan Tirmidzi, bahwa "Seseorang tidak akan masuk surga jika ia memiliki kesombongan walau seberat atom di hatinya."


Apa akibat sifat sombong itu?

Orang sombong akan mendapatkan akibatnya yaitu dijauhi banyak orang. Seseorang akan jaga jarak dan perlahan menjauhi orang yang selalu menunjukkan ketinggian hatinya. Lama kelamaan lingkungan pertemanan jadi semakin berkurang atau bahkan tidak ada yang menjadi temannya lagi.


SOMBONG sejatinya tergolong akhlak tercela yang tidak boleh dimiliki seorang makhluk. Ini karena yang berhak menyombongkan diri hanyalah Allah ta'ala semata selaku Tuhan semua makhluk.


Karena sejatinya yang berhak untuk sombong adalah Allah SWT sebab Dia-lah yang Maha Sempurna lagi Maha Memiliki segalanya. Sifat sombong juga dapat mendatangkan kemudharatan pada orang yang memilikinya sehingga tidak ada kebaikan sama sekali jika seorang manusia berlaku sombong


Iblis di usir dari surga, tidak mendapat Rahmat dari Allah ,  karena sombong


Semoga kita Selalu menjauhi sifat sombong, sejati nya apa yang mau di sombong kan , karena yang ada pada kita saat ini ( harta jabatan anak istri dll ) adalah Titipan , termasuk nafas kita ,, 


Demikian kenyataan Demikian adanya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar