Kamis, 16 Maret 2023

Bersyukur lah Niscaya Di Kejar- kejar Rezeki ( Hadist tentang syukur)





Bersyukur lah Niscaya Di Kejar- kejar Rezeki 

Abdulah Hubai,CHt,CI

Hadist tentang syukur


Berikut adalah beberapa hadis tentang syukur yang dapat saya sampaikan:


Dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu, ia berkata: Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, "Barangsiapa yang bersyukur pada Allah, maka Allah akan menambahkan kepadanya nikmat-Nya. Dan barangsiapa yang ingkar nikmat, maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih." (HR. At-Tirmidzi)


Dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu, ia berkata: Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, "Janganlah engkau pandang kecil suatu kebaikan, meskipun hanya dengan bertemu saudaramu dengan wajah yang berseri-seri." (HR. Muslim)


Dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu, ia berkata: Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, "Sungguh aneh perkara orang yang merasa cukup (tidak membutuhkan) sedangkan ia tidak bersyukur." (HR. At-Tirmidzi)


Dari Abu Musa Al-Asy'ari radhiyallahu 'anhu, ia berkata: Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, "Barangsiapa yang bangun dari tempat tidurnya kemudian ia bersyukur kepada Allah, maka Allah akan menjamin kebahagiaannya pada hari itu. Dan barangsiapa yang bangun dari tempat tidurnya kemudian ia mengeluh (tidak bersyukur), maka Allah akan menjamin kekesalannya pada hari itu." (HR. Ahmad)


Semoga hadis-hadis di atas dapat menjadi motivasi bagi kita untuk selalu bersyukur kepada Allah atas segala nikmat-Nya.


Al Qur’an tentang syukur 


Berikut adalah beberapa ayat Al-Qur'an tentang syukur yang dapat saya sampaikan:


"Dan (ingatlah), tatkala Tuhanmu memaklumkan: "Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih"." (QS. Ibrahim: 7)


"Sesungguhnya Kami memberikan kepadamu (segala nikmat) dengan sebenar-benarnya (sehingga engkau harus bersyukur). Maka bersegeralah untuk berbuat kebajikan (sebagai tanda syukur), dan barangsiapa yang bersyukur (atas nikmat-Ku), ia hanya bersyukur untuk dirinya sendiri; dan barangsiapa yang mengingkari (nikmat-Ku), maka (ketahuilah bahwa) sesungguhnya Allah Maha Kaya lagi Maha Terpuji." (QS. Luqman: 12)


"Dan (ingatlah), ketika Tuhanmu memaklumkan: "Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih"." (QS. Al-Insyirah: 6-7)


"Hai orang-orang yang beriman, bersyukurlah kepada Allah atas nikmat yang diberikan-Nya kepadamu dan berbuatlah kebajikan, agar kalian mendapat kebaikan (yang lebih banyak lagi)." (QS. Ali Imran: 144)


Dari ayat-ayat di atas, kita dapat memahami pentingnya bersyukur kepada Allah atas segala nikmat-Nya. Selain itu, ayat-ayat tersebut juga mengajarkan kita untuk senantiasa berbuat kebajikan sebagai wujud syukur kita kepada-Nya.



www.akhlakulkarimahhipnoterapi.com 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar