Jumat, 17 Maret 2023

Hidup Syukur: Al Qur'an dan Hadis



Hidup Syukur: Al Qur'an dan Hadis

Abdulah Hubai, CHt,CI

Kembali ke Al Qur’an dan hadis tentang hidup syukur 

Syukur: 

Dalam Al Qur'an, Allah SWT mengatakan: "Dan (ingatlah) ketika Tuhanmu memaklumkan: 

"Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih." (QS. Ibrahim: 7).


Dalam ayat tersebut, Allah SWT menekankan pentingnya bersyukur atas nikmat-nikmat yang telah diberikan-Nya. Jika kita bersyukur, maka Allah SWT akan menambahkan kebaikan dan nikmat-Nya kepada kita. Namun, jika kita mengabaikan nikmat-Nya dan tidak bersyukur, maka kita akan berada di bawah ancaman azab-Nya.


Selain itu, ada juga beberapa hadis yang mengajarkan tentang hidup syukur, seperti:


Dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda: *"Barangsiapa yang tidak bersyukur kepada manusia, maka ia tidak bersyukur kepada Allah." (HR. Ahmad dan Tirmidzi).*


Dari Abu Darda, Rasulullah SAW bersabda: *"Bersyukurlah kalian kepada Allah, niscaya Allah akan memberikan kebaikan-kebaikan kepada kalian." (HR. Ahmad).*


Dari Abdullah bin Umar, Rasulullah SAW bersabda: "Tidaklah seorang muslim yang mendapat nikmat, kemudian ia bersyukur atas nikmat tersebut, kecuali akan ditambahkan nikmat baginya. Dan tidaklah seorang muslim yang mendapat musibah, kemudian ia sabar, kecuali akan ditambahkan kesabaran baginya." (HR. Muslim).


Dari hadis-hadis di atas, kita dapat memahami bahwa hidup syukur merupakan salah satu kunci keberhasilan dalam hidup. Ketika kita bersyukur atas nikmat yang diberikan Allah SWT kepada kita, maka kita akan merasakan banyak kebaikan dan kesuksesan. Sebaliknya, jika kita tidak bersyukur dan mengabaikan nikmat-Nya, maka kita akan merugi di dunia dan di akhirat. Oleh karena itu, marilah kita hidup dengan penuh syukur atas nikmat Allah SWT yang telah diberikan kepada kita.

Ajak artikel ini ke akhirat dengan niatkan amal ibadah dan sebarkan agar jadi ilmu bermanfaat. 

Salam Miliader 

Sukses 

sehat

kaya 

berkah 


Demikian adanya Demikian kenyataan 

Kunjungi Web saya :

www.akhlakulkarimahhipnoterapi.com 

www.abdulahhubai.com 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar