Kamis, 16 Maret 2023

ikhlas ridho dan pasrah tawakal

 


Hadist dan Alquran tentang ikhlas ridho dan pasrah tawakal


Terdapat banyak hadis dan ayat Al Qur'an yang mengajarkan pentingnya sikap ikhlas, ridha, pasrah dan tawakal sebagai bagian dari akhlak muslim yang baik. Berikut ini adalah beberapa contoh hadis dan ayat Al Qur'an yang berkaitan dengan hal tersebut:


Hadis tentang ikhlas:

Dari Abu Hurairah ra, Rasulullah SAW bersabda, "Sesungguhnya perbuatan itu dinilai dari niatnya. Maka barangsiapa yang hijrahnya karena Allah dan Rasul-Nya, maka hijrahnya kepada Allah dan Rasul-Nya. Barangsiapa yang hijrahnya karena dunia yang ia ingin memperolehnya atau karena seorang wanita yang ingin dinikahinya, maka hijrahnya kepada apa yang ia niatkan." (HR. Bukhari)


Ayat Al Qur'an tentang ridha:

"Allah menerima taubat dari hamba-Nya dan menerima sedekah. Dan Allah Maha Kuasa lagi Maha Bijaksana." (QS. At-Taubah: 104)


Ayat Al Qur'an tentang pasrah:

"Dan siapa yang bertawakal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupi (keperluan)nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan yang (dikehendaki)-Nya. Sesungguhnya Allah telah mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu." (QS. At-Talaq: 3)


Hadis tentang tawakal:

Dari Abdullah bin Abbas ra, Rasulullah SAW bersabda, "Jika seluruh umat manusia berkumpul untuk memberikan manfaat kepada seseorang, kecuali apa yang telah ditentukan Allah untuknya, maka tidak akan memberinya manfaat apa-apa. Dan jika seluruh umat manusia berkumpul untuk merugikan seseorang, kecuali apa yang telah ditentukan Allah untuknya, maka tidak akan merugikannya apa-apa. Karena itu hendaklah kamu selalu tawakal kepada Allah." (HR. Tirmidzi)


Dari hadis dan ayat Al Qur'an di atas, dapat disimpulkan bahwa sikap ikhlas, ridha, pasrah, dan tawakal sangat penting dalam kehidupan seorang muslim. Seorang muslim harus selalu berusaha untuk memperbaiki niatnya dalam melakukan segala hal dan berserah diri kepada kehendak Allah SWT. Dengan bersikap ikhlas, ridha, pasrah dan tawakal, kita akan meraih keberkahan dan kebahagiaan di dunia maupun di akhirat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar