Kamis, 16 Maret 2023

Memaafkan





Pentingnya Memaafkan


Abdulah Hubai

Al Qur’an dan hadis tentang memaafkan 


Dalam Al Qur'an, terdapat beberapa ayat yang menunjukkan pentingnya memaafkan antara sesama manusia. Berikut adalah beberapa ayat tentang memaafkan dalam Al Qur'an:


"Dan balasan suatu kejahatan adalah kejahatan yang sama, tetapi barangsiapa memaafkan dan berbuat kebajikan, maka pahalanya adalah di sisi Allah. Sesungguhnya Dia tidak menyukai orang-orang yang zalim." (QS. Asy-Syura: 40)


"Dan janganlah kamu meminta keadilan terhadap mereka yang memaafkan (kesalahan) orang-orang yang berbuat jahat di antara kamu, tetapi berilah jalan kepada (memaafkan) mereka, dan maafkanlah dan biarkanlah (perbuatan mereka). Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan." (QS. Al-Maidah: 8)


"Dan janganlah kamu memperlihatkan kedermawananmu dengan merendahkan suaramu, dan janganlah memperbesar suaramu sebagaimana membesarkannya di hadapan orang lain, dan janganlah kamu berjalan di muka bumi dengan angkuh. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong lagi membanggakan diri." (QS. Luqman: 18)


"Dan jika kamu memaafkan dan berbuat baik terhadap (orang yang memusuhi kamu), sesungguhnya Allah Maha Pengampun, lagi Maha Mengasihani." (QS. At-Taghabun: 14)


Dari Abu Hurairah ra, Rasulullah SAW bersabda, "Barangsiapa memaafkan kesalahan saudaranya, maka Allah akan memaafkan kesalahan-kesalahannya pada hari kiamat." (HR. Bukhari)


Dari Anas bin Malik ra, Rasulullah SAW bersabda, "Memaafkan kesalahan orang lain adalah tanda kekuatan, bukan kelemahan." (HR. Ibnu Majah)


Dari Abu Hurairah ra, Rasulullah SAW bersabda, "Orang yang tidak memaafkan kesalahan orang lain, Allah tidak akan memaafkan kesalahan-kesalahannya pada hari kiamat." (HR. Bukhari)


www.akhlakulkarimahhipnoterapi.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar