Kamis, 16 Maret 2023

Minta Temani dan Titipkan pada Allah



Minta Temani dan Titipkan pada Allah


Abdulah Hubai

Hadist dan Alquran tentang minta Temani dengan Allah dan Titipkan pada Allah 


Ada beberapa hadis dan ayat Al-Quran yang dapat berhubungan dengan meminta teman dan menitipkan diri pada Allah.


Salah satu hadis yang berkaitan dengan meminta teman dengan Allah adalah hadis riwayat Ahmad, Abu Dawud, Tirmidzi, dan Ibnu Majah, dari Abdullah bin Mas'ud ra. bahwa Nabi Muhammad saw. bersabda:


"Barangsiapa yang mencari sahabat, maka hendaklah ia mencari sahabat yang paling baik, yaitu Allah. Dan barangsiapa yang mencari pembantu, maka hendaklah ia mencari pembantu yang paling baik, yaitu iman yang kukuh. Dan barangsiapa yang mencari istinbat, maka hendaklah ia mencari istinbat pada yang paling baik, yaitu Kitabullah." (HR. Ahmad, Abu Dawud, Tirmidzi, dan Ibnu Majah)


Sedangkan ayat Al-Quran yang berkaitan dengan menitipkan diri pada Allah antara lain adalah:


"Kepada Allah-lah ku serahkan urusanku, karena sesungguhnya Allah Maha Melihat segala urusan hamba-Nya." (QS. Ghafir: 44)


"Dan apabila engkau telah menyelesaikan shalatmu, ingatlah Allah di waktu duduk, di waktu berdiri dan di waktu berbaring. Kemudian apabila engkau telah merasa aman, laksanakanlah shalatmu sebagaimana biasa. Sesungguhnya shalat itu adalah kewajiban yang ditentukan waktunya bagi orang-orang yang beriman." (QS. An-Nisa: 103)


"Dan janganlah engkau sekali-kali menghinakan dirimu dan janganlah pula merasa lelah dalam mencari (rizki) dari Allah, sesungguhnya orang-orang yang berusaha mencari rizki dari Allah, pasti akan mendapatinya." (QS. Ar-Rum: 39)


Dalam semua ayat dan hadis tersebut, terdapat pesan untuk kita agar selalu menggantungkan diri kita pada Allah dan mempercayakan segala urusan kita pada-Nya. Kita juga diingatkan untuk mencari sahabat yang baik yaitu Allah, dan meminta pertolongan serta menitipkan diri kita pada-Nya.


www.akhlakulkarimahhipnoterapi.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar