Jumat, 28 April 2023

AJUKAN PERTANYAAN LEBIH BAIK UNTUK MENDAPATKAN JAWABAN LEBIH BAIK



AJUKAN PERTANYAAN LEBIH BAIK UNTUK MENDAPATKAN JAWABAN LEBIH BAIK

Dr. Jen Zainal Asyikin Hans 


“Successful people ask better question, and as a result, they get better answer” (Anthony Robbins) 


Orang sukses mengajukan pertanyaan lebih baik, dan sebagai hasilnya mereka mendapatkan jawaban lebih baik. 


WHY ME, GOD?


Pertanyaan yang biasa diajukan saat mengalami masalah berat adalah: 


"Why me, God?" 


"Mengapa saya, bukan orang lain, ya Allah?"


"Mengapa saya yang harus memikul beban seberat ini?" 


"Mengapa nasibku semalang ini ya Allah?" 


Mengajukan pertanyaan seperti itu hanya akan membuatmu semakin merasa sakit hati dan terpuruk. 


Akan lebih baik jika saat mengalami masalah berat kamu mengajukan pertanyaan cerdas: 


"Hikmah dan pelajaran berharga apa saja yang dapat saya petik dari peristiwa ini?" 


Proses memetik hikmah dan pelajaran berharga dari setiap masalah berat yang kamu hadapi akan membuatmu menjadi lebih arif dan lebih dewasa.

 

Mengajukan pertanyaan "Why me, God?" akan jauh lebih bermanfaat saat kamu mendapatkan nikmat, rahmat, anugerah dan keberuntungan dalam hidup:  


“Mengapa saya ya Allah yang mendapatkan nikmat, rahmat, anugerah dan keberuntungan ini, bukan orang lain?" 


"Apa maksud Allah memberikan nikmat, rahmat, anugerah dan keberuntungan ini kepada saya, bukan kepada teman saya?"


“Jangan katakan kepada Allah bahwa kamu punya masalah besar, tetapi hadapi masalahmu dengan sikap penuh percaya diri lalu katakan bahwa kamu punya Allah Yang Maha Besar. La haula wala quwwata illa billah” (Ali Bin Abi Thalib)


TIGA FAKTOR PENENTU SIKAP


Tiga faktor yang mempengaruhi sikapmu menjadi lebih baik atau lebih buruk, yaitu kemampuan untuk bersyukur, kemampuan menciptakan impian, dan semangat dalam diri kamu sendiri.


☑️ Pertama, kemampuan untuk bersyukur mempengaruhi kemampuanmu untuk selalu melihat sisi positif dari setiap kejadian. 


Kemampuan untuk bersyukur memberimu kemampuan untuk mengendalikan sikap dan mengambil hikmah dari segala kejadian. 


☑️ Kedua, sikap juga dipengaruhi impian. Hubungan antara sikap dan impian dapat dikelompokkan menjadi 3 golongan yaitu: 


[1]. Impian tanpa sikap positif (pemimpi)


[2]. Sikap positif tanpa impian (orang yang menyenangkan, tetapi tidak sanggup meraih kemajuan)


[3]. Impian dengan sikap positif (orang yang berpeluang mewujudkan potensi tak terbatas).


☑️ Ketiga, semangat. “Nothing great has ever been accomplished without enthusiasm” (Elbert Hubbart)


Tak ada kemajuan dicapai tanpa semangat. Semangat dapat terus ditingkatkan dengan mengisi setiap detik waktumu dengan membaca, mendengar dan bergaul dengan orang-orang yang positif. 


TUJUH CIRI KHAS ORANG BERSIKAP POSITIF


☑️ Pertama, percaya diri. Orang yang bersikap positif memiliki rasa percaya diri yang tinggi. Mereka yakin suatu saat nanti akan sukses, kaya dan bahagia. 


Mereka tidak mempedulikan kritikan dan penolakan orang lain. Mereka mengimbangi diri secara aktif belajar dan bekerja.


☑️ Kedua, kesetiaan untuk selalu melihat yang terbaik. Orang yang positif senantiasa melihat kehidupan dari sisi yang terbaik. 


Rasa syukur kepada Tuhan dan menyayangi sesama manusia merupakan salah satu cara melihat kehidupan dari sisi terbaik.


☑️ Ketiga, kemampuan melihat peluang di mana-mana. Mereka selalu mempersiapkan diri sehingga lebih sering menemukan peluang daripada orang-orang yang tidak mempersiapkan diri.


☑️ Keempat, fokus pada solusi. Orang yang bersikap positif selalu berpikir dan berusaha mencari solusi. 


Orang yang bersikap positif selalu kelebihan satu solusi, sedangkan orang bersikap negatif selalu kelebihan satu alasan. 


☑️ Kelima, memiliki hasrat memberi. Mereka dengan tulus ingin membantu orang lain. Bentuk bantuan yang mereka berikan dapat berupa kalimat positif, dukungan, penghargaan, motivasi, atau dalam bentuk materi. 


Mereka senang kalau membantu orang lain menjadi lebih sehat, bahagia, sukses, dan berkelimpahan, dunia akhirat.


☑️ Keenam, memiliki keuletan kerja yang tinggi. Mereka menyadari bahwa usaha untuk meraih cita-cita memerlukan proses yang tidak selalu mudah. 


Kemampuan memecahkan masalah merupakan salah satu unsur prestasi terpenting dalam upaya apa pun. Masalah pasti muncul. Kamu harus menerimanya sebagai fakta kehidupan. Memecahkan masalah adalah jalan menuju sukses.


☑️ Ketujuh, bertanggung jawab terhadap kehidupan mereka. Mereka meyakini firman Allah: “Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum sehingga mereka mengubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri” (QS Ar Ra’d [13]: 11)


ENAM TIPS MEMPERTAHANKAN SIKAP POSITIF


☑️ Pertama, utamakan tanggung jawab, bukan imbalan. Banyak orang mempersoalkan apa yang menjadi hak mereka, bukan tanggung jawab mereka. 


Orang bersikap negatif suka mengatakan, “Bagaimana saya berprestasi kalau tidak ada insentif yang memadai.” 


Orang bersikap positif melakukan kewajiban mereka dengan sukacita, sepenuh hati dan penuh semangat. Mereka yakin hak-hak mereka akan menyusul.


☑️ Kedua, bergaul dengan orang-orang positif. Orang-orang positif memiliki segudang ide untuk hidup sehat, sukses, kaya dan bahagia. 


Bergaul dengan orang-orang positif membantu kita mendapatkan terobosan-terobosan baru untuk mencapai impian.


☑️ Ketiga, menikmati saat ini dan di sini. Orang-orang positif selalu dapat menikmati waktu dan aktivitas mereka. 


Mereka berkeberatan meluangkan waktu untuk menceritakan kepahitan masa lalu atau mereka-reka rencana masa depan yang tidak pasti. Mereka sangat menghargai waktu dan aktivitas yang sedang mereka lakukan saat ini.


☑️ Keempat, menemukan cara melepaskan stress. Stress adalah sinyal dari Allah agar kamu mengubah persepsi dan tindakanmu. 


Cara melepaskan stress yang benar antara lain mengingat Allah, meditasi, yoga, olah raga, dan menyanyi.


☑️ Kelima, memiliki sense of humour. Bagaimana pun memiliki sense of humour itu sangat perlu. Ketika tertawa, ide-ide kreatif untuk memecahkan masalah menjadi bermunculan. Selain itu daya tahan kamu dalam menghadapi penyakit pun meningkat. 


Hubungan yang awalnya kaku akan mencair kalau kita dapat mencari cara untuk tertawa bersama. Selalu ada sisi lucu dalam kejadian yang bagaimana pun keadaannya.


☑️ Keenam, bertindak untuk mengubah sikap. Perasaan dipengaruhi oleh tindakan. Begitu pun tindakanmu dipengaruhi oleh perasaan. Kamu perlu melakukan segala sesuatu yang akan meningkatkan semangatmu.


AFIRMASI UNTUK MENGINSTAL SIKAP POSITIF


"Sedapat mungkin aku hanya memilih perkataan yang: baik (qaulan ma’rufa, QS An Nisaa' [4]: 5), benar (qaulan sadida, QS An Nisaa' [4]: 9), menggugah (qaulan baligo, QS An Nisaa' [4]: 63), mulia (qaulan karima, QS Al Israa' [17]: 23), pantas (qaulan maisaro, QS Al Israa' [17]: 28), lemah lembut (qaulan layyina, QS Thaahaa [20]: 44), mengandung keselamatan (qaulan salama, QS Al Furqan [25]: 63), membekas di hati (qaulan tsaqila, QS Al Muzzammil [73]: 1-5), atau sama sekali tidak mengatakan apa-apa (Say nothing at all! QS Al Mu'minuun [23]: 3)" 


Kalau mengalami kejadian menyenangkan, aku akan mengatakan: "Alhamdulillahil ladzi bini'matihi tatimmus shalihat" (Aku bersyukur pada-Mu ya Allah. Segala puji bagi-Mu ya Allah, karena berkat nikmat-Mu perkara baik menjadi sempurna). Sebaliknya, kalau mengalami kejadian yang tidak menyenangkan, aku akan mengatakan: "Alhamdulillahi 'alaa kullihaal" (Aku bersyukur pada-Mu ya Allah. Segala puji bagi-Mu ya Allah dalam semua keadaan) (HR Hakim dari Aisyah RA).


"Sesungguhnya orang-orang yang beriman ialah mereka yang bila disebut nama Allah gemetarlah hati mereka, dan apabila dibacakan ayat-ayat-Nya bertambahlah iman mereka (karenanya), dan hanya kepada Tuhanlah mereka bertawakkal" (QS Al Anfaal [8]: 2). 


Demikianlah adanya... Demikianlah kenyataannya...


www.keajaibanbersyukur.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar