Kamis, 20 April 2023

KEAJAIBAN DI PIKIRAN BAWAH SADAR





*KEAJAIBAN DI PIKIRAN BAWAH SADAR*


*Oleh: Yusdi Lastutiyanto.,CRT.,CHt (IACT-USA).,CI*


Hari ini saya membaca ulang catatan dari buku yang berjudul _Magic In Your Mind_ yang ditulis oleh Bob Proctor. 


Buku itu kurang lebih membahas tentang bagaimana kita perlu memahami fungsi dari pikiran bawah sadar, sebab apa yang kita tanam akan menjadi referensi berpikir dan mempengaruhi cara kita memandang kehidupan. 


Seperti kita ketahui pikiran bawah sadar hanya menerima apa yang kita tanam, dia akan resisten jika apa ide yang kita tanam bertolak belakang dengan keyakinan kita, yang dimana keyakinan dan nilai hidup dalam diri kita adalah pengaruh pengasuhan dan lingkungan, jika apa yang tertanam baik, maka keyakinan itu bisa berfungsi optimal pada diri seseorang. 


Bob dalam bukunya menyarankan kita mewaspadai bagaimana kita memasukkan ide pada diri, jika kata-kata yang kita ucapkan negatif maka perlahan-lahan dia akan terinstal dalam pikiran kita. 


Konsep ide yang tertanam ini pernah juga dibahas oleh Napoleon Hill dalam bukunya yang berjudul _Outwitting The Devil_, yaitu _'Hypnotic Rhythm'_ atau 'Irama Hipnotik', sebuah konsep tentang bagaimana ketakutan pada manusia bisa membuat mereka menjadi sangat egosentris, keserakahan, penyimpangan, manipulasi, nafsu, iri hati, keserakahan, kekuasaan, dan ketidakpedulian. 


_Hypnotic Rhythm_ ini adalah fenomena universal, siapapun pernah mengalaminya, hanya karena ketakutan atau kekhawatiran terhadap masa depan, seseorang bisa berpikir negatif tentang sesuatu. _Self talk_ nya seakan-akan positif, tapi sebenarnya dia sedang menanam keterbatasan dalam dirinya, dalam konsep pemberdayaan diri sering disebut _mental blocking_


Produk dari proses _Hypnotic Rhythm_ ini bisa membuat seseorang menjadi _Fix Mindset_, sebab dia tidak mau ada perubahan dalam hidupnya, atau seseorang merasa tidak layak berubah, padahal dalam kehidupan yang pasti adalah perubahan itu sendiri, jika kita tidak siap menghadapinya, kita bisa rentan terpicu stress. 


Untuk bisa melepaskan dari jebakan _Hypnotic Rhythm_ yang bernuansa negatif, kita perlu fleksibel terhadap diri, mau bertumbuh belajar dan gesit terhadap perubahan. 


Lebih lanjut konsep _Hypnotic Rhythm_ ini adalah proses seseorang membentuk pola pikir dan kebiasaannya, sebab apa yang tersimpan dalam diri, akan menjadi respon otomatis ketika menghadapi stimulus external. 


Dengan memahami prinsip _Hypnotic Rhythm_ kita bisa jadi lebih waspada lagi mengatakan sesuatu pada diri, sebab kita sendirilah yang mengizinkan suatu ide itu tersimpan di folder pikiran kita. 


Kembali ke kajian Bob Proctor yang menyatakan bahwa keajaiban di pikiran bawah sadar adalah sesuatu yang perlu terus di asah untuk dikembangkan dan difungsikan diantaranya adalah:


*1. Imajinasi*


_"Logika bisa membawa Anda dari A ke B, Imajinasi bisa membawa Anda kemana saja"_

- Albert Einstein


Kekuatan dari imajinasi bisa membuat kita mendapatkan dan menciptakan dunia yang kita inginkan. Kita bisa mendesain dan menjadi arsitektur bangunan kehidupan kita. 


Oleh karena itu, tambah kapasitas diri agar daya imajinasi kita bertumbuh dan berkembang sesuai tuntutan zaman. 


*2. Intuisi*


_"Intuition will tell the thinking mind where to look next."_

- Jonas Salk


Intuisi adalah bahasa pikiran bawah sadar, apa yang kita pikiran bisa menjadi getaran ke dunia eksternal kita, oleh karena itu latihan kepekaan diri perlu dilakukan agar kita terhubung dengan dunia luar. 


Intuisi berperan memberikan jawaban dari pertanyaan kehidupan, oleh karena itu melatih intuisi perlu dilakukan dengan cara berinteraksi secukupnya dengan dunia luar. 


*3. Keinginan/Hasrat*


_"High achievement always take place in the framework of high expectation"_

- Bob Proctor


Ciptakan harapan untuk sukses dimasa depan, karena Anda bisa tumbuh adalah hal yang Anda fokuskan terjadi. 


Apa yang Anda harapkan terjadi dan fokus berusaha mencapainya, maka Semesta bisa mengirimkan dukungan dari tempat yang tidak di sangka-sangka. 


*4. Memori*


_"The mind is everything. What you think, you become."_

- Budha


Memori kita berkembang dengan Asosiasi, dia akan terhubung dengan apa yang kita lihat, dengar, rasakan dan katakan pada diri sendiri. 


Keajaiban pikiran bawah sadar adalah tentang bagaimana kita menggunakan memori diri untuk merespon dunia luar, pola pikir dan perilaku kita adalah refleksi dari memori yang tertanam dalam diri. 


Oleh karena itu baca, buat kebiasaan baru dan berinteraksilah dengan dunia luar agar memori yang tersimpan dalam diri membuat kita lebih berdaya. 


*5. Alasan*


_"We let our circumstance rule us, or we can take a charge and rule our lives from within._

- Earl Nightingale


Ciptakan alasan mengapa kita perlu mencapai sesuatu, munculkan rasa sakit jika kita tidak optimal mencapai sesuatu di pikiran, dan rasa senang yang akan kita dapatkan jika kita berhasil mencapai sesuatu, konsep ini bisa menjadi jembatan _GAP_ antara knowing and doing. 


Alasan untuk berubah adalah _state of mind_ dan _mental activity_ , jika kita bisa mengimajinasikannya maka kita berpotensi mewujudkannya. 


Buatlah _Bucket list_ atau Peta Impian dan tentukan alasan kenapa Anda perlu mencapainya, lalu imajinasikan Anda sudah berhasil mencapainya, hal ini bisa menjadi magnet keberlimpahan. 


*6. Persepsi*


_"Selalu ada bunga buat mereka yang mau melihatnya."_

- Henri Matise


Untuk bisa melakukan perubahan kita perlu mengubah paradigma berpikir kita tentang bagaimana kehidupan yang mau kita jalani. Sebab kita memiliki kebebasan untuk menentukan persepsi kiya, jika apa yang kita lihat kedalam diri adalah ketangguhan mental, maka mereka yang diluar bisa merasakannya. 


Sudut pandang tentang kehidupan bisa menjadi visi dan seni bagaimana kita menjalani kehidupan itu sendiri, kita bisa menjadi pribadi yang penuh dengan syukur dan enjoy menghadapi tantangan hidup. Dengan mengubah paradigma berpikir maka akan mengubah hidup kita. 


Jika mau ditarik benang merahnya, maka kita adalah penentu hidup kita sendiri, sebab pikiran bawah sadar masih bisa diajak kompromi untuk melakukan perubahan, selama kita menciptakan sistem support yang sesuai. 


Kita perlu mewaspadai apa yang kita katakan pada diri sendiri, memilih bacaan yang memberdayakan, komunitas yang tumbuh dan berkembang, dan _blocking mechanism_ untuk mereduksi hal negatif yang datang dari luar, area kritis kita perlu ditambah kapasitasnya. 


Wow panjangnya juga catatan ini, tapi sebelum mengakhirinya penulis mau disclaimer, bahwa penulis juga masih manusia belajar bukan orang yang sempurna secara pemikiran dan perilaku, bisa jadi apa yang ditulis dalam catatan ini memiliki kesalahan atau perbedaan cara pandang dengan bapak dan ibu pembaca yang budiman, jika ada yang benar, tentu itu datangnya dari tinta Tuhan Yang Maha Pengasih dan Penyayang. 


Oleh karena itu sebelum Whatsapp group ini penuh dengan untaian kata mutiara dan gambar selamat hari lebaran, maka penulis dengan tulisan ini mau menyampaikan permohonan maaf jika selama berinteraksi di group ini membuat kesalahan saat merespon chat ataupun secara literasi. Selamat merayakan Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah dan Mohon Maaf lahir Batin. 🙏


Terima kasih dan Semoga Bermanfaat. 


Jakarta, 20 April 2023

Ramadhan 29 1444 H

Tidak ada komentar:

Posting Komentar