Jumat, 27 Oktober 2023

Amanah Allah yang ada pada diri






Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

AMANAH DARI ALLAH

Allah amanahkan   Panca Indra pada manusia , maka gunakan dengan hati.

VISUAL

Melihat dengan  Hati ( Qolbu).

AUDITORI

Mendengar dengan hati ( Qolbu).

KINESTETIK

Merasakan dengan hati ( Qolbu).

OLFAKTORI

Bernafas dengan hati ( Qolbu).

GUSTAROTI

Mencicipi dengan hati ( Qolbu).


( Qolbu)  Yang Terpaut pada Allah

Rasulullah SAW pernah bersabda,'Ingatlah, dalam tubuh manusia itu ada segumpal daging. Kalau segumpal daging itu baik, maka akan baiklah seluruh tubuhnya. Tetapi, bila rusak, niscaya aka rusak pula seluruh tubuhnya. Segumpal daging itu bernama Qolbu.” (HR Bukhari dan Muslim)


"Sesungguhnya amalan itu tergantung niatnya dan seseorang akan mendapatkan sesuai dengan apa yang ia niatkan," (HR. Bukhari dan Muslim).


Allah berfirman dalam sebuah hadis qudsi,"Aku menyesuaikan diri dengan sangka hamba-Ku terhadap Ku. Dan Aku bersamanya ketika ia mengingat Ku. Apabila ia mengingat-Ku dalam hatinya, Ku ingat dia dalam hati-Ku."


"Kalau dia mengingat-Ku dan menyebut-nyebut Ku di depan umum, maka Ku ingat dan Ku sebut-sebut dia di khalayak yang lebih baik. Siapa yang mendekat kepada-Ku sejengkal, Aku mendekat kepadanya sehasta. Dan siapa yang mendekat sehasta, Aku akan mendekat kepadanya sedepak."

"Dan siapa yang datang kepada Ku dengan berjalan, Aku datang menyambutnya dengan berlari.


Siapa yang mengenal dirinya, akan mengenal Rabb-nya”, mengenal dan memahami tujuan penciptaannya”. Dan tidaklah Aku telah menciptakan jin dan manusia, kecuali untuk mengabdi kepada-Ku. – Q.S. Adz-Dzariyat [51]: 56. 


Belajarlah dengan anggota tubuh kita. 

Belajar Mendengar ,  2  telinga, satu mulut   adalah memberikan kesempatan pada semua orang untuk mengutarakan pendapat nya. Terbuka  kepada semua orang untuk berkontribusi , perbandingan 2T : 1M. Kolaboratif 

Juga belajar dg kedua kaki, di beri Allah 2 kaki , artinya kita wajib melakukan melangkah,  datangi temui untuk bersinergi .

Belajar pada mata , sungguh harmonis mata kita , kedipan indah , lirikan menyejukan serta loyalitas jantung , jantung 24 jam kerja tak perlu di awasi.

Belajar adalah untuk meningkatkan Kompeten . Manusia di beri otak yang sama , tapi isi nya manusia lah yang belajar. 

Kompeten terdiri dari Softskill 88%  dan Hardskill 12%.

إِنَّمَا بُعِثْتُ لأُتَمِّمَ مَكَارِمَ الأَخْلاقِ


Artinya: “Sesungguhnya aku diutus hanya untuk menyempurnakan keshalihan akhlak.” (HR. Al-Baihaqi).


Akhlak tersebut adalah bagian dari Softskill 


Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah. QS. Al Ahzab ayat 21.


Artinya : Dan Kami tidak mengutus engkau (Muhammad) melainkan untuk (menjadi) rahmat bagi seluruh alam.

Qs. Al Anbiya ayat 107


dalam hadits riwayat An-Nasa'i, Nabi Muhammad SAW bersabda, "Seorang muslim itu adalah orang yang orang-orangnya manusia lainnya merasa aman (kejahatan) lisan dan tangannya dan orang mukmin adalah orang yang manusia lainnya merasa aman atas darah (jiwa) dan harta mereka."


_Semoga Menginspirasi_


🕋🕋❤️ jum at Berkah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar